DIAGNOSIS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING PADA MATA KULIAH MEKANIKA TERAPAN

Categorie(s):
   jurnal
Author(s):
   Ningrum Astriawati1), Wegig Pratama2)
Tahun:
   2017
Kode:
 Volume XV Nomor 24, Pebruari 2017
Item Type:
 Journal
Keyword(s):
Blended Learning, Co-Prol, Diagnosis, Scaffolding
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan taruna pada model pembelajaran blended learning dan upaya mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi dengan pemberian scaffolding. Penelitian ini menggunakan rancangan jenis penelitian tindakan kelas (class action research). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Blended Learning dengan memadukan 80% pembelajaran ekspositari (teacher centered) dan 20% menggunakan e-learning kurang pas digunakan pada kultur akademi kemaritiman. Teknik scaffolding yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan model pembelajaran yang didalamnya mengimplementasikan nilai karakter yakni melalui model pembelajaran cooperative on problem based learning disingkat Co-Prol. Teknik scaffolding dengan menggunakan model pembelajaran Co-Prol selain efektif mengembangkan nilai karakter taruna juga meningkatkan nilai akademis taruna, ini terlihat secara teoritis, peneliti dapat membandingkan bahwa setelah dilakukan scaffolding dengan model Co-Prol sebagian besar taruna memperoleh nilai diatas rata-rata.
      Link File