MENGEMBANGKAN KARAKTER PELAUT DENGAN COPROL

Additional Info:
 buku ini dibuat untuk mengembangkan karakter pelaut pada kegiatan pembelajaran perguruan tinggi kepelautan( Pertikepel) dengan menggunakan model pembelajaran cooperative on problem based learning (CO-PROL)
Keyword(s):
Cooperative Learning on Problem Based Learning , coprol
Abstract :
Abstract


Buku ini memuat kajian tentang pengembangan karakter pelaut yang saat ini sedang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Terlebih di era pemerintahan Presiden Joko Widodo salah satu prioritas utama akan membangun ekonomi maritim khususnya pada sektor transportasi laut, dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Saat ini Indonesia memang dihadapkan pada permasalahan terkait dengan mutu Sumber Daya Manusia pelaut yang dihasilkan lembaga Perguruan Tinggi Kepelautan (Pertikepel) belum sesuai dengan kebutuhan industri pelayaran. Mengingat kebutuhan SDM pelaut yang semakin meningkat baik pada tingkat nasional maupun internasional, dan ditengarai kelemahan pada proses pembentukan karakter sebagai pelaut.
Buku model pembelajaran ini memberikan alternatif pemecahan masalah terkait dengan pembentukan karakter pelaut melalui proses pembelajaran yang berbasis Cooperative Learning on Problem Based Learning atau disingkat Co-Prol. Model pembelajaran Co-Prol ini dituangkan baik secara eksplisit maupun implisit dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan sekaligus diimplemenasikan dalam rangka melalui pembiasaan nilai-nilai karakter di kelas sesuai dengan ciri khas berdasarkan kebutuhan Industri pelayaran.
Secara teoris, memberikan informasi tentang nilai-nilai karakter pelaut yang harus diimplementasikan pada Taruna Pertikepelguruan Tinggi Kepelautan dan secara praktis, sebagai referensi atau pedoman dalam perbaikan pengelolaan pembelajaran karakter pelaut pada Taruna Pertikepel.